-->

Cara Mengakrabkan Anak dengan Buku

Agus M. Irkham | Edi Dimyati | Laily Nihayati 
Mengakrabkan Anak dengan Buku (Foto: Kegiatan Komunitas Mbuku)

EDENTS  PUBLIKA,,Mengenalkan anak pada buku  dimulai dari rumah.Orangtua mesti membuka pintu lebar akses pada anak untuk berinteraksi dan mengakrabkan diri dengan buku bacaan.

Belilah buku yang menarik minat anak. Orangtua harus pekadengan minat anak dan memfasilitasinya dengan bukuyang sesuai dengan minat mereka, supaya minat baca mereka berkembang. Agar wawasan anak meluas, belilah dua buku. Satubuku pilihan anak dansatunya lagi tambahan pilihan kita yang pas bagi anak.

Sediakan buku yang sesuai dengan perkembangan usia anak, tidak hanya untuk dibacakan, tetapi juga dipergunakan untuk bermain. Usia balita biasanya membutuhkan buku-buku yang merangsang penggunaan semua indera di tubuhnya. Misalnya buku yang bisa dibawabermain di air (buku yang terbuat dari kain) dan buku sentuhdan raba (bukutiga dimensi).

Mengakrabkan buku jugabisa dilakukan dengan mendekatkan buku sebagai fisik kepada anak-anak. Jadi selain memberikan perlindungan secara fisikdan emosi kepada anak-anak, sebuah keluarga juga harus memiliki fungsi sebagai perpustakaan.

Rumah yang memiliki peran sebagai perpustakaan bermula dari satu kesadaran bahwa segala sumber pengetahuan seharusnya dibaca. Dengan membaca, anak-anak diperkenalkan pada nilai keluhuran budaya yang berlaku, baik dari sisi konsepmaupun sistemnya. Menjadi ajang utama bagi anak-anak menimba ilmu dalam menghadapi hidup serta mengamalkan cara bersosialisasi dalamnorma-norma budi pekerti yang baku. Keluarga menjadi tempat gerakan literasi bermula.

Jika makna literasi kita sepakati sebagai kegiatan mendaras teks,maka ketersediaan bahan bacaan dan tempat khusus untuk menaruh bacaan tersebut menjadi sesuatu yang harus ada. Selain itu, tempat yang digunakan untuk menempatkan bahanbacaan harus mampu mengatasi persoalan yang dihadapi oleh sebagianbesar orang, yaitu tidak punya waktu.Atau lebih tepatnya berada dalam situasiyang serba bergegassehingga sepertinya susah sekaliuntuk bisa membaca buku (dengan tenang).


Sumber: Buku 29 Formula Gemar Membaca, Edents Publika 2019 halaman 5



Judul: 29 Formula Gemar Membaca;
Kiat Membaca Fakta Unik dan Hari-Hari Besar Buku
Penulis: Agus M Irkham, Edi Dimyati & Laily Nihayati
Penerbit: Media Edents Publika
Ukuran: 13,5 x 21cm
Tebal: xviii + 126 hlm/Bookpaper
ISBN: 978-602-50528-3-5
Harga: Rp.45.000








Lihat Koleksi Edents Publika



0 Response to "Cara Mengakrabkan Anak dengan Buku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel