-->

Ucapan-Ucapan Orangtua yang Bisa Bikin Anak Bahagia




EDENTS PUBLIKA,, Sebagai orang tua, meskipun kita punya hak sekaligus kewajiban “membentuk” anak- anak, tidaklantas membuat kitaharus selalu lebih banyak memerintah dan menyalahkan anak. 

Sebaliknya kita harus lebih banyak mendengar dan menghargai kehadiran mereka. Bentuk penghargaan tersebut bisa melalui ucapan-ucapan persuasif dan positif, sehingga ketika anak-anak mendengar, mereka akan merasa bahagia.

Kemampuan memberikan verbal afirmation (afirmasi/persetujuan secara verbal) sangat dibutuhkan orangtua, agar setiap yang terjadi pada anak-anakdapat ditempatkan sebagai sarana mereka belajar; menjadisatu pembelajaran yang menyenangkan, menghidupkan serta dapat mengembangkan kreativitas berpikir serta berpendapat anak. 

Keluwesan dalam memberikan responsecara lisan saat menjalin komunikasi dengan anak-anak akan memberikan sugesti positif dalamperkembangan pola pikir mereka.

Berikut lima contohlagi ucapan yangdapat membahagiakan anak.

Pertama, ucapan selamat. Misalnya, mengucapkan selamat ketika anak baru saja menerima rapor, “Selamat ya, …Ayah dan Ibu bangga dengan usahamu.” 

Dalam ucapan ini jelassekali terkandung maknabahwa orang tua berfokus padaproses atau upayabukan pada hasil. Apa yang telahdiupayakan oleh anak-anak diposisikan sebagai tahapan pertumbuhan mereka, baik dari sisi kognitif,afektif maupun psikomotoriknya.

Kedua, ucapan maaf. “Maafkan Ayah dan Ibu ya Nak, karenamelakukan sesuatu yang salah.” Apa yang dilakukanorangtua tidak selalu benar. Misal, orangtua menuduh anak telah menyembunyikan kunci mobil, padahal yang terjadi si ayah lupaakan kunci mobil.

Dalam situasi sepertiitu, orangtua harus konsekuen. Karena telah melakukan kesalahan, maka orangtua wajibmeminta maaf. Permintaan maaf akan menganulir pandangan anak atas dirinya bahwa ia memang sosok anak pembuat masalah (trouble makers).

Ketiga, ucapanminta tolong. “Boleh tolong Ibu dan Ayah melakukan…?” Meskipun posisi Ayah di rumahsebagai “Presiden”, tidaklantas dia bisa main perintah seenaknya. 

Anak-anak harus tetapdiajari cara memintakepada orang lain jika membutuhkan melakukan sesuatu yang sesuai dengan yangmereka maui, yaitudengan selalu memulai denganfrasa minta tolong.

Keempat, ucapankasih sayang. “Kakak/ Adik adalah hadiah terindah Tuhan untukAyah dan Ibu.” Kehadiran anak bagi orangtuaadalah amanah dari Tuhan. Tiap amanah atau titipan memiliki keharusan untukmenjaga amanah itu.

Ungkapan puitis di atas meneguhkan hati anak-anak bahwa kehadiran mereka sepenuhnya adalah atas kehendak Tuhan. Sebagai orangtua, kita telah dipilihuntuk menerima amanah. 

Hati siapa yang tidaksenang jika mendapat hadiah, apalagi yang memberi hadiah tersebut adalah Tuhan. Mendengar ucapan itu, anak akan merasa tersanjung dan ikutbersyukur karena memiliki orangtua yang menyayangi mereka.

Kelima, ucapan menetramkan. “Ayah dan Ibu akan ada untuk Kakakdan Adik kapan pun dibutuhkan.” Sesungguhnya yang dituntut anak- anak dari keduaorangtuanya adalah kehadiran mereka, bukan buaian materi dan beragam fasilitas fisikal lainnya.

Maka ucapan yang memberikan jaminan atau garansi bahwaAyah dan Ibu akan selaluada, kapan pun dibutuhkan, akan menenteramkanhati anak-anak. Dengan begitu, mereka akan tumbuh menjadi anak yang lengkap dan utuh. Bukan sebaliknya, mengalami keyatiman justru pada saatkedua orangtuanya masihlengkap.

*) Artikel ini merupakan salah satu Sub Judul dalam Buku Surga di Belakang Rumah Kita karya Agus M. Irkham

Selengkapnya tentang buku dapat dilihat di link berikut:

Judul: Surga di Belakang Rumah Kita
Penulis: Agus M. Irkham
Penerbit: Media Edents Publika
Tebal: 352 hlm/Bookpaper
Dimensi: 11x18cm
ISBN: 978-602-50528-2-8
Harga: Rp 54.000





Lihat Koleksi Edents Publika

0 Response to "Ucapan-Ucapan Orangtua yang Bisa Bikin Anak Bahagia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel