-->

Easy Writing IKAGRISSA Bersama Afifah Afra





EDENTS PUBLIKA,, Belajar menulis adalah belajar menangkap momen kehidupan dengan penghayatan paling total yang paling mungkin dilakukan oleh manusia. Begitu ungkap cerpenis Seno Gumira Ajidarma.

Terinspirasi hal itu, Ikatan Alumni SMP Negeri 1 Gringsing (IKAGRISSA) menyelenggarakan pelatihan menulis bertajuk Easy Writing : Menulis untuk Kebahagiaan dan Curhat. Kegiatan yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gringsing, Ahad 6 Oktober 2019, tersebut juga digelar dalam rangka merayakan Bulan Bahasa dan Sastra.

Narasumber, Afifah Afra,  Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Forum Lingkar Pena mengungkapkan bahwa manusia terdiri dari beberapa komponen. Yakni fisik, jiwa dan fikiran. Ketiganya dapat menghasilkan residu, yang apabila tidak dibuang akan menyebabkan penyakit.  

Secara fisik misalnya, manusia mengeluarkan kotoran saat BAB. Menjadi hal yang melegakan atau membahagiakan, saat usai mengeluarkan residu atau kotoran yang ada dalam perut.

Bukan hanya fisik, ternyata jiwa juga punya residu. Racun-racun yang bergumpal dalam diri, menciptakan berbagai perasaan tidak nyaman. Gundah, resah, dengki, sedih dan marah.

Afifah Afra mengatakan bahwa manusia membutuhkan katarsis. Yaitu proses penyucian jiwa untuk mengeluarkan residu atau racun-racun yang ada dalam diri. Proses pengosongan jiwa dari emosi-emosi terpendam.

“Kalo emosi-emosi terpendam itu tidak dikeluarkan, maka akan menjadi tekanan, dan stress. Apabila stress tidak dikelola, akan memunculkan berbagai macam penyakit” kata CEO PT. Indiva Media Kreasi tersebut.

Menurut Penulis lebih dari 50 buku tersebut, salah satu katarsis yang baik adalah berkarya. Salah satunya, menulis. Kemarahan, kesedihan dan kekecewaan bisa dikeluarkan melalui menulis.

Sementara itu, penyelenggara berharap pelatihan ini akan memberikan bimbingan kepada para peserta untuk menempatkan kegiatan menulis sebagai personal account. Sebagai kegiatan pribadi sehari-hari yang berguna bagi kesehatan batin. Menulis sebagai sarana untuk curhat dan menyembuhkan serta mendamaikan segala bentuk disharmoni yang dialami. Menulis dapat menjadi aktivitas yang menunjang kehidupan para peserta. Baik sebagai makhluk pribadi, bagian dari lingkungan (makhluk sosial), maupun sebagai hamba (makhluk Tuhan).

Rifqi Khoirulanam | Komunitas Mbuku






Lihat Koleksi Edents Publika


0 Response to "Easy Writing IKAGRISSA Bersama Afifah Afra"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel